Deretan Makanan untuk Perkembangan Bayi 7 Bulan

Perkembangan bayi 7 bulan ditandai dengan bayi sudah mulai merangkak, bayi akan merangkak dengan usaha keseimbangan lutut dan tangan. Aktifitas ini menguatkan otot untuk dapat berjalan. Bayi 7 bulan sudah mulai memasukkan benda dalam mulutnya untuk digigit sebagai tanda pertumbuhan gigi yang memberikan rasa gatal. Bayi sudah mulai mencoba untuk duduk sendiri tanpa harus ditopang dan berat badan usia 7 bulan untuk laki-laki 6,7 hingga 10 kg dengan panjang 65 hingga 73 cm dan perempuan dengan berat 6 hingga 9,5 kg dan panjang 63 hingga 71,5 cm.

Di usia 7 bulan bayi lebih aktif bergerak dengan kemampuan tangan untuk mampu menggenggam barang dan menggunakan tangan membawa mainan. Hal ini mulai dirasakan ketika bayi mulai belajar menyuapkan makanan menggunakan sendok dan memasukkan makanan dalam mulutnya sebagai tanda dari bayi dalam mengontrol kemampuan motorik halus dan kaki bayi lebih kokoh dalam menahan berat badan tubuh. Bayi sudah mulai sering berlibur dan menjadi tanda gigi mulai tumbuh dengan rasa nyeri sehingga membuat bayi lebih rewel. Bayi sudah mulai lancar untuk menggunakan kata-kata seperti mama atau da da dengan ekspresi menggemaskan dan mengenali beberapa perbedaan dari ekspresi wajah dan suara. Bayi 7 bulan sudah mulai mengingat seperti ketika bermain cilukba, bayi tidak akan menangis karena orangtua tidak menghilang ketika melakukan permainan tersebut. bayi 7 bulan mulai menghafal wajah orang terdekatnya dan mulai menangis ketika bertemu dengan orang asing, bayi mulai bercermin dari ibu sehingga akan belajar dari sentuhan dan rasa.

Berikut adalah resep menu makanan untuk bayi 7 bulan diantaranya:

  • Bubur pisang mangga yang mudah dicerna dengan mengupas mangga dan pisang lalu potong dadu, menghaluskannya dengan blender lalu menuangkannya dalam wadah dan menambah ASI atau susu dan mengaduk secara rata.
  • Bubur beras merah dengan memasukkan beras dan wortel yang diparut dalam panci, menambahkan air lalu memasaknya hingga menyusut dan tambahkan air untuk menjadi bubur lalu aduk perlahan supaya tidak hancur dan mudah dicerna.
  • Bubur kentang ayam giling dengan merebus kentang, wortel dan giling lalu menambahkan bawang putih hingga masak lalu di blender dan dijadikan sebagai menu MPASI bayi.
  • Bubur labu dengan merebus labu kuning yang lunak menggunakan blender, menambahkan ASI atau susu yang dicairkan dan disajikan semasih hangat.

Untuk makanan bayi 7 bulan perlu diperhatikan bahwa durasi makan tidak boleh lebih dari 30 menit sehingga jangan biarkan anak menggunakan gadget ketika makan. Semua makanan digoreng bukan makanan yang baik dan dapat diberikan sekali dan tidak boleh terlalu sering. Usahakan memberikan anak buah, protein dan sayuran yang memberikan lemak sehat untuk bayi.

Berikut adalah larangan untuk bayi 7 bulan:

  • Jeruk dengan rasa asam belum dapat diatasi oleh bayi sehingga dilarang untuk bayi dibawah 1 tahun.
  • Serba susu karena protein maupun mineral tidak baik untuk bayi termasuk pemberian keju dan yogurt.
  • Jus buah tidak dapat diberikan karena adanya zat pengawet yang mengganggu sistem pencernaan bayi.

Untuk membantuĀ perkembangan bayi 7 bulanĀ maka ibu tidak boleh memberikan makanan laut karena dapat menyebabkan alergi dan kandungan merkuri. Madu tidak baik karena akan menyebabkan bayi merasakan infeksi karena kontaminan dan spora yang terdapat pada madu. Begitu juga dengan makanan kaleng, kacang utuh, sayuran mentah dan putih telur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *