SUSTAIN, Wujud Komitmen Royal Golden Eagle akan Industri Sawit Berkelanjutan

Sumber: twitter.com/asian_agri

Isu kerusakan lingkungan seakan tidak pernah hilang dalam industri perkebunan dan pengolahan minyak sawit. Deforestasi dan karhutla misalnya. Masalah ini tidak hanya merusak lingkungan namun juga telah mengusik kenyamanan masyarakat sekitar. Sebagai salah satu pemain besar dalam industri sawit, Royal Golden Eagle merasa memiliki tanggung jawab moral untuk meluruskan stigma negatif yang terlanjur menyebar.

Sebagai grup bisnis yang berbasis pada alam, Royal Golden Eagle sangat menyadari pentingnya kelestarian alam bagi masyarakat sekitar dan begitu juga terhadap keberlangsungan bisnisnya. Eksploitasi alam secara berlebihan hingga merusak ekosistem jelas merupakan cara yang salah bahkan merugikan. Bukan hanya bagi alam dan masyarakat sekitar, hal tersebut juga berdampak buruk bagi perusahaan. Untuk itulah, Royal Golden Eagle memandang penting bagi setiap perusahaan perkebunan dan pengolahan minyak sawit untuk bekerja sama dalam menerapkan praktek bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.

SUSTAIN, Aliansi Perusahaan Sawit Demi Praktek Industri Berkelanjutan

Tidak semua perusahaan perkebunan dan pengolahan minyak sawit menerapkan praktek bisnis yang tidak bertanggung jawab. Ada juga beberapa perusahaan yang peduli dengan kelestarian lingkungan, sama seperti Royal Golden Eagle dengan dua unit bisnisnya, yakni Apical dan Asian Agri.

Untuk merangkul perusahaan-perusahaan yang memiliki kepedulian yang sama, Royal Golden Eagle membentuk sebuah aliansi yang diberi nama SUSTAIN (Sustainability Assurance & Innovation Alliance). Aliansi ini beranggotakan beberapa perusahaan yang bergerak di industri sawit dan perusahaan teknologi. Beberapa perusahaan yang tergabung di dalamnya di antaranya adalah Neste, KAO Corporation, CORE dan SAP. Dari grup RGE, Apical dan Asian Agri juga turut menjadi bagian dari aliansi ini.

SUSTAIN didirikan pada 7 September 2018 dengan satu tujuan besar, yakni mewujudkan kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah. Dalam prakteknya, aliansi ini berpegang pada prinsip berkelanjutan yang terkandung dalam NDPE Policy. Semua itu dilakukan demi mendorong terwujudnya industri sawit yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Cara SUSTAIN Mewujudkan Industri Sawit Berkelanjutan

Setiap perusahaan bisa saja mengklaim pihaknya telah menerapkan praktek perkebunan dan pengolahan minyak sawit yang ramah lingkungan. Namun bagaimana hal tersebut dapat dibuktikan? Bagaimana publik dapat menilai bahwa memang praktek seperti itulah yang dilakukan oleh perusahaan?

Transparansi rantai produksi, inilah cara yang dipilih SUSTAIN untuk menunjukkan bahwa praktek bisnis berkelanjutan memang diterapkan. Setiap anggota dari aliansi ini membuka diri kepada publik terkait dengan rantai produksinya.

Dengan memanfaatkan teknologi blockchain dan teknologi informasi, publik dapat mengetahui apakah benar operasional produksi yang dijalankan sudah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Pelanggan dari perusahaan perkebunan dan pengolahan minyak sawit juga bisa mengetahui dari mana asal bahan baku produk yang mereka beli.

Transparansi rantai produksi tidak hanya menjadi alat pengawasan publik akan praktek bisnis yang dilakukan oleh anggota aliansi SUSTAIN. Hal ini juga membantu setiap perusahaan yang tergabung di dalamnya untuk menemukan peluang-peluang inovasi. Anggota SUSTAIN bahkan bisa berkolaborasi baik untuk tujuan bisnis maupun sosial.

Selain berperan aktif dalam berdirinya aliansi SUSTAIN, Royal Golden Eagle juga sangat mendukung berbagai upaya pemerintah dalam mewujudkan industri sawit yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Salah satunya adalah dukungan Asian Agri terhadap program sertifikasi ISPO.

Unit bisnis Royal Golden Eagle ini begitu aktif dalam memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Tepat pada tanggal 27 April 2019 lalu, Asian Agri pun akhirnya berhasil mengukuhkan komitmennya dan mendapatkan sertifikat ISPO untuk setiap unit bisnis yang berada di bawah naungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *