Pahami, 13 Cara Memotret Memakai Handphone Biar Hasil Maksimal

    Memoto atau memotret memakai hp sudah menjadi hal yang sering dilakukan oleh semuua orang, terlebih di periode jaman kini ini Hampir semua kalangan bisa di katakan  ketergantungan memakai Ponsel. Pada kesempatan kali ini akan membagikan tips ihwal 13 Cara Memotret Menggunakan Handphone Agar Hasil Maksimal. Yang paSTI Engga akan kalah dengan kualitas hasil foto memakai Kamera fotograper yang harganya mahal.

Ingin jago memotret tapi hanya punya kamera handphone atau smartphone?
Jangan takut, di periode ketika ini kecanggihan teknologi kamera smartphone menciptakan hasil fotonya sudah sulit dibedakan dengan foto dari kamera digital dalam kondisi tertentu.
Kamu yang gemar fotografi tapi terbatas dengan alat yang ada, yuk maksimalkan smartphone yang ada di tangan kau lewat beberapa tips berikut ini.

1. Perhatikan Cahaya

Istilah fotografi artinya melukis dengan cahaya. Pastikan kondisi kau memotret mempunyai pencahayaan yang cukup.
Hal ini menjadi nomor 1 alasannya yaitu keterbatasan sensor kamera handphone yang ukurannya lebih kecil dari DSLR, baik itu APSC apalagi yang full frame.
Karena ukurannya yang kecil, otomatis kemampuan menangkap cahayanya juga lebih sedikit. Oleh alasannya yaitu itu kita harus mengakalinya dengan memotret dalam lingkungan yang cukup terang.

2. Pilih objek foto yang menarik

Walaupun kau sudah jago banget memotret, menguasai bermacam-macam teknik fotografi yang njlimet  dan tinggi-tinggi bahasanya, tapi kalo objek yang dipotret kurang menarik  sama saja.
Pasti hasil fotonya kurang menarik nanti.
Oke, kita bisa memikirkan bagaimana cara menciptakan yang tak menarik tadi jadi tampak menarik, tapi untuk mempermudah silakan cari objek yang menarik sedari awal.
Untuk menentukan objek yang menarik anda di haruskan Perbanyak melihat hasil karya fotografer lain,sering-sering stalk timeline IG mereka  kemudian pelajari objek yang biasa mereka potret.
Setelah itu temukan passion kau dimana. Jika tertarik memotret sunset atau sunrise, jadikan itu objek utama kamu. Midalkan anda Tertarik memotret bunga? Silakan temukan bunga yang paling menarik yang bisa kau potret.

3. Usahakan semoga objeknya diam

Salah satu kelebihan utama kamera DSLR atau mirrorless dalam memotret yaitu kemampuan membekukan objek dengan kecepatan tinggi.
Hal itu berbeda dengan kamera hape atau smartphone yang agak kurang bisa memotret benda bergerak

4. Menjaga kesetabilan tangan ketika memotret

Untuk melatihnya bisa dengan cara memegang tangan pacar di depan papanya :D.
Kalau sudah tidak gemetar, berarti kau cukup teruji hehehe.
Tak ada satu orang pun yang bahagia melihat foto yang blur atau tampak kabur semuanya.
Demikian juga ketika kau memotret dengan handphone ataupun jenis kamera lainnya. Beberapa tips ini akan membantu kau semoga bisa menjaga tangan tetap stabil.

5. Mendekatlah ke objek yang di foto

If your pictures aren’t good enough, you’re not close enough – Robert Capa
Terjemahan bebas dari quotenya om Robert di atas yaitu kalo fotomu jelek, artinya kau kurang bersahabat dengan objeknya. Gitu.
Ada banyak kelebihan yang bisa kau sanggup bila mau mendekat ke objek yang dipotret. Pertama yaitu efek bokeh pada backgroundnya.

6. Pilih aplikasi kamera bawaan handphone atau smartphone

Kecuali kau mau selfie bolehlah C360, tapi bila ingin kualitas terbaik potretlah dengan aplikasi bawaan kamera.
Nanti sesudah itu gres kau bisa edit fotonya dengan bermacam-macam aplikasi yang ada.
Memotret dengan aplikasi third party tadi biasanya akan memangkas kualitas foto alasannya yaitu sudah ditambah bermacam-macam efek dan filter yang tersedia.
Pengecualian bila kau menentukan memakai aplikasi khusus fotografi semacam Camera FV-5.
Aplikasi semacam ini justru disarankan alasannya yaitu mengoptimalkan kamera smartphone dengan menambah fitur semacam pengaturan ISO atau aperture.

7. Saat memotret tahan sedikit hingga kamera final menyimpan fotonya

Ini pengalaman saya pribadi. Pernah disuruh memotret teman dan pacarnya. Keduanya sudah bergaya penuh kemesraan, dan saya dengan percaya diri memotret keduanya.
Jepret.. Jepret, alasannya yaitu terbiasa dengan DSLR yang full speed, eksklusif saya serahkan karenanya ke mereka biar dilihat.
Eh.. Malah diprotes, kok fotonya blur semua katanya, padahal sudah terkunci fokus tadi. Ternyata oh ternyata, rentang waktu memotret di smartphone itu punya jeda cukup panjang.
Saat ditekan layarnya, kamera tak eksklusif memotret plus terkadang waktu shutter yang dipilih cukup lambat sehingga bergoyang sedikit karenanya niscaya blur.
Makara kalo kau ingin hasil fotonya bagus, sabar sedikit sebelum mengecek hasil fotonya ya.

8. Pelajari komposisi foto kamu, kecocokan objek dan background, warna, bentuk, garis

Komposisi foto itu penting.
Karena  menentukan apakah fotomu  mempunyai arti atau hanya sekedar jepret semata.
Komposisi sendiri cukup kompleks untuk dipelajari, dalam fotografi kita mengenal komposisi rule of third, golden ratio, spiral, contoh dan banyak lagi.
Untuk mempermudah kamu, ketika kau akan memotret pikirkan kembali apakah objek dan latar serta benda-benda dalam frame sudah tampak cocok? Apakah masih ada cara semoga tampak lebih baik lagi?
Entah ada objek yang digeser atau kau yang bergeser,  atau membersihkan kawasan dari sampah yang terlihat. Hal-hal sederhana semacam itu cukup kuat nantinya.

9. Bersihkan lensa smartphonemu dari minyak, kotoran dan debu

Rata-rata setiap orang senantiasa menggenggam smartphone ketika bepergian kemana saja.
Hal ini menciptakan smartphone menjadi benda yang paling rentan terhadap debu dan kotoran yang ada di sekeliling kita.
Tak seperta lensa kamera digital yang dibekali dengan lens cap atau epilog lensa, lensa yang ada di smartphone tentu tak dibekali hal semacam itu.
Bahkan sekalipun memakai case pelindung, serpihan beling lensa tentu dibiarkan terbuka.
Oleh alasannya yaitu itu biasakan untuk membersihkan lensa sebelum memotret, gunakan kain halus semacam pembersih kacamata untuk membersihkan dari kotoran atau sidik jari yang menempel.

10. Mode HDR di situasi yang kontras cahaya

Pahami terlebih dahulu apa fungsi HDR tersebut sehingga kau bisa lebih memahami situasi dimana perlu memakai fitur ini.
Secara umum fitur HDR kita bisa gunakan ketika memotret dalam kondisi dengan kontras yang tinggi. Misalnya memotret di siang terik tapi objeknya di serpihan yang gelap entah alasannya yaitu dinaungi pepohonan atau di dalam pondok.

11. Manfaatkan mode burst

Pada beberapa tipe smartphone disediakan mode burst atau pilihan untuk memotret berturut-turut banyak foto sekaligus.
Agar supaya momen yang kau potret bisa terekam sempurna, jangan ragu untuk memakai mode ini.
Beruntunglah kita yang hidup di periode kartu memori bergiga-giga harganya semakin murah. Apalagi banyak hyang mengatakan memori internal cukup besar.

12. Lensa tambahan

Siapa bilang smartphone tidak bisa dipakaikan lensa tambahan?
Saat ini sudah banyak beredar  lensa suplemen khusus smartphone yang mengatakan efek tersendiri bagi hasil foto.
Sayangnya, kualitas lensa suplemen ini rata – rata masih belum cukup memadai.
Salah satu lensa untuk smartphone yang cukup manis yaitu produk dari produsen Lensbaby.

13. Editing

Jangan meremehkan proses editing ini.
Jika kau jago mengedit, bisa-bisa foto muka sendiri sudah tak dikenali lagi hehehe.
Inti dari proses editing yaitu supaya fotomu tampak lebih manis lagi. Kata manis di sini tentu subjektif sekali, apa yang menurutmu manis belum tentu berdasarkan orang lain serupa.

Demikian tips lengkap buat kau yang tertarik mengakibatkan smartphonemu sebagai senjata handal untuk memotret, 13 Cara Memotret Menggunakan Handphone Agar Hasil Maksimal
Di atas setidak nya mengatakan Inspirasi bagi snda semua yang hobi selfi di ponsel untuk tetap percaya diri ketika Meng upload di beberapa medsos. Semoga ulasan diatas bermanfaat..
Sekian dan terimakasih.